post image
KOMENTAR
Piala Proper Hijau 2013 keenam dari Kementrian Lingkungan Hidup, yang baru saja diraih  PT TobaPulp Lestari, memberi semangat kuat perusahaan bubur kertas tersebut melakukan peningkatan gerakan penghijauan, baik di kawasan Danau Toba maupun pabrik menjadi target penanaman pohon.

Demikian dikatakan Dirut TobaPulp, Joseph Ben J Mitai, Selasa (17/12/2013), menanggapi kegiatan penanaman pohon di kawasan komplek pabrik di Parmaksian, Porsea Tobasamosir baru-baru ini.

Menurutnya, target perusahaan adalah melakukan penanaman sejuta pohon, dan program tersebut wajib melibatkan seluruh pekerja di komplek pabrik TPL.

Ben, demikian dia sering disapa, mengatakan dengan bibit pohon dan pupuk kompos yang berasal dari pondok bina tani TPL, target penanaman diharapkan memberi nilai positif.

"Selama ini TPL tetap berkomitmen terus melakukan penghijauan, di kawasan areal HTI, Danau Toba, dan kawasan pabrik kita. Tekniknya sederhana membuat lobang tanam yang benar dan baik, melakukan  perawatan, pemupupukan dan menjaga tanaman. Untuk perawatan juga dibutuhkan penyiram air yang cukup, serta membuat tali penyangga dan pembatas tanaman agar pohon dapat tumbuh dengan baik," ungkap Ben.

Menurutnya, program penghijauan kali ini difokuskan pada kondisi tanah di areal pabrik TPL yang tandus dan berbatu. Sebelum melakukan penanaman, puluhan pegawai dan staf perusahaan melubangi tanah dengan diameter 60 cm.

Ben mengatakan sebelum pohon ditanam, lubang ditanah harus diisi terlebih dahulu dengan top soil dan kompos. Sehingga pohon yang akan ditanaman akan lebih cepat pertumbuhannya.

Ben mengakui dengan perolehan piala Proper Hijau yang keenam kalinya diraih perusahaan, maka saat ini TPL memiliki target dan tantangan baru dan serius dalam penghijauan diwilayah areal HTI, untuk mencapai penghargaan Proper Gold dari kementerian lingkungan hidup. Sehingga diperlukan kerjasama yang baik dalam menjaga pelestarian dan penghijauan kawasan HTI.

"Kita sudah mendapat proper green sampai enam kali berturut-turut, maka target kita akan menuju gold. Dalam hal ini saya yakin TPL perusahaan HTI penghasil bubur kertas, dapat mempertahankan dan meningkatkan proper, karena komitmen TPL tetap menjaga fungsi hutan lindung dan HTI, demi keberlangsungan hidup perusahaan, negara dan masyarakat," ujar Ben

Seperti yang diketahui PT Toba Pulp Lestari,Tbk menerima piala Proper Hijau 2013 dari Menter Negara Lingkungan Hidup.

Proper adalah penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang di-drive setiap tahun oleh Kemeneg LH. Ada puluhan item yang menjadi dasar penilaian, salah satunya penaatan terhadap semua peraturan di bidang lingkungan. Untuk 2013, ada 1.812 perusahaan yang terdaftar untuk penilaian. [ded]

Teks Foto:
Dirut TobaPulp Joseph Ben J Mitai (Kiri) berpose bersama Direktur TPL Juanda Panjaitan (Kanan) dalam kegiatan Go Green penanaman pohon diareal kawasan pabrik diParmaksian, Porsea Toba Samosir.
[IST]

Berhasil Kumpulkan Dana Rp 30 Juta, Pemkot Palembang Sumbang Untuk Beli APD Tenaga Medis

Sebelumnya

Virus Corona Menjadi Alasan Deretan Pasangan Artis Ini Tunda Pernikahan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Ragam